IDENTIFIKASI PERMASALAHAN BUJANG LAPUK/DAHA TUA DI DESA TUA KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Juliantari, Ni Luh Indah (2024) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN BUJANG LAPUK/DAHA TUA DI DESA TUA KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014091003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014091003-ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091003-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014091003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014091003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, faktor-faktor permasalahan dan potensi pada isu Bujang Lapuk/Daha Tua sebagai sumber belajar sosiologi di SMA N 1 Marga. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang akurat, perlu dilakukan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun simpulan dari penelitian ini yaitu karakteristik ataupun ciri-ciri pada Bujang Lapuk/Daha Tua yang ditemukan di Desa Tua yang mencangkup seks, gender, mata pencaharian dan pendidikan. Hal ini serupa dengan hal karir dan pengembangan diri, tidak memiliki tanggung jawab keluarga, tingkat pendidikan yang beragam, rendahnya tekanan sosial untuk menikah, tingkat kemandirian yang tinggi. Pada dasarnya, keberadaan masyarakat lajang didalam lingkungan masyarakat secara umum dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dan internal. Di Desa Tua, faktor internal seperti patah hati, trauma, merasa dirinya tidak berguna atau kurang percaya diri, yang dapat mempengaruhi keberadaan Bujang Lapuk/Daha Tua. Selain itu, broken home dan tekanan dari keluarga juga turut berperan sebagai faktor eksternal. Kemudian dalam permasalahan sosial terkait Bujang Lapuk/Daha Tua, terdapat beberapa aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi, seperti aspek kognitif, aspek afektif, serta aspek psikomotorik. Siswa dapat mengambil dan memahami segala hal-hal positif yang terdapat pada Bujang Lapuk/Daha Tua untuk meningkatkan wawasan dan pembelajaran mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desa Tua, Bujang Lapuk, Daha Tua, Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Ni Luh Indah Juliantari
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:48
Last Modified: 24 Jul 2024 08:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item