PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROME BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGLI

Andriani, Ni Kadek Ari (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROME BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041002_ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041002-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi manusia dan mengetahui perbedaan penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian, yaitu kuasi eksperimen dengan desain rancangan penelitian non-equivalent control-group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Bangli yang dipilih secara acak dengan undian. Berdasarkan hasil pemilihan kelas secara acak terpilih kelas XI.A sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS pada materi sistem ekskresi manusia dan kelas XI.B sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan strategi konvensional. Metode dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda yang berkaitan dengan dimensi proses kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan Anacova (Analysis of Covariance) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi manusia dan mengetahui perbedaan penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS dengan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p (0,0001) < 0,05 dan nilai Partial Eta Squared (effect size) yang diperoleh sebesar 0,320 yang berarti bahwa penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS materi sistem eksresi manusia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 32%, dengan persentase peningkatan di kelas eksperimen sebesar 62% dan kelas kontrol sebesar 34%. Kata kunci : strategi pembelajaran CROME, konvensional, LKS, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran CROME, konvensional, LKS, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ari Andriani
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:08
Last Modified: 25 Jul 2024 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item