GAYA PACARAN TIDAK SEHAT (TOXIC RELATIONSHIP) PADA REMAJA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA (STUDI KASUS DI DESA SELABIH, TABANAN, BALI)

Lestari, Ni Putu Ratna Ayu (2024) GAYA PACARAN TIDAK SEHAT (TOXIC RELATIONSHIP) PADA REMAJA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA (STUDI KASUS DI DESA SELABIH, TABANAN, BALI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014091008-COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014091008-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091008-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091008-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091008-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014091008-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014091008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penyebab terjadinya hubungan toxic terjadi pada para remaja di Desa Selabih, bentuk-bentuk gaya pacaran toxic relationship yang terjadinya pada remaja di desa Selabih, aspek-aspek apa saja yang memperngaruhi hubungan toxic relationship pada remaja di Desa Selabih yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber belajar Sosiologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dilanjutkan dengan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya pacaran yang tidak sehat (toxic relationship) pada remaja yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pernyataan kebebasan, daya tarik seksual yang tinggi, kondisi ekonomi, dan kurangnya rasa percaya diri jika tidak mempunyai pasangan. Sedangkan faktor eksternal meliputu globalisasi, peranan orang tua yang tidak maksimal, kurangnya pendidikan atau edukasi yang diberikan oleh orang tua, dan lingkungan pergaulan. Bentuk-bentuk kekerasan dalam pacaran yang dialam remaja di Desa Selabih yaitu: kekerasan psikis atau verbal, kekerasan seksual, dan kekerasan fisik. Penyimpangan sosial pada gaya pacaran yang tidak sehat (toxic relationship) pada remaja di Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Bali, dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan hal ini dilihat dari kekuatan hubungan sosial antar masyarakat yang hingga saat ini masih sangat kuat dan mampu memberikan gambaran jelas kepada peserta didik mengenai penyimpangan yang masih terjalin di Desa Selabih melalui suatu gaya pacaran anak remaja. Berbagai aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA yaitu pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Pacaran, Sumber Belajar, Toxic Relationship
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Ni Putu Ratna Ayu Lestari
Date Deposited: 24 Jul 2024 14:21
Last Modified: 24 Jul 2024 14:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item