Pengembangan Modul Digital Berorientasi Proyek dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP

Yudharini, Shinta (2024) Pengembangan Modul Digital Berorientasi Proyek dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011033-COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011033-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011033-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran masih membutuhkan perbaikan khususnya dalam perangkat pembelajaran dalam menunjang keterampilan berpikir kritis matematis peserta didik. Diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul digital berorientasi proyek dengan pendekatan STEM. Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengembangkan modul digital untuk melatih keterampilan berpikir kritis matematis peserta didik sekaligus membelajarkan materi bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung berorientasi proyek dengan pendekatan STEM. Format modul dikemas dalam bentuk e-flipbook berbantuan Heyzine yang didalamnya terdapat dua aktivitas pembelajaran dengan berorientasi proyek berpendekatan STEM. Pengembangan Modul digital pada penelitian ini menggunakan tahapan dari ADDIE yang terbatas pada tahap pengembangan dan evaluasi formatif untuk setiap tahapan. Pada proses tahap pengembangan modul digital dilakukan uji validitas materi dan media dengan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dengan angket UEQ, serta uji efektivitas dengan N-Gain dan KKTP. Hasil uji memperoleh skor valid dengan rata-rata skor 4,77. Kepraktisan modul digital dari aspek daya tarik sebesar 2,04, dari aspek kejelasan sebesar 1,95 dengan kategori baik, dari aspek efisiensi sebesar 2,09 dengan kategori unggul, dari aspek ketepatan sebesar 2,02 dengan kategori unggul, dari aspek stimulasi sebesar 2,02 dengan kategori unggul, dan dari aspek kebaruan sebesar 2,07 dengan kategori unggul. Selain itu, hasil uji efektivitas diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang dan persentase ketuntasan 73%, sebanyak 22 berhasil mencapai ketuntasan dari 30 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul digital yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis peserta didik. Pembelajaran di kelas pada modul digital yang dikembangkan menggunakan tahapan pembelajaran Engineering Design Process (EDP) pada proyek yang dirancang dan setiap aktivitas pembelajaran terdapat latihan soal mandiri dan soal evaluasi guna melatih keterampilan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Digital, Proyek pendekatan STEM, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Shinta Yudharini
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:31
Last Modified: 25 Jul 2024 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21209

Actions (login required)

View Item View Item