Subawa, Made (2024) VISIBILITAS DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011080-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011080-ABSTRAK.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011080-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melibatkan aktivitas jasmani untuk peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran, perilaku hidup sehat, dan menumbuhkan sikap sportif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui visibilitas dan efektivitas pembelajaran PJOK di sekolah menengah atas (SMA) Se-Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah deskriptif - kuantitatif dengan sampel 23 sekolah dari populasi 30 sekolah. Dengan menggunakan metode pengambilan data menggunakan survei, observasi, studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hasil dari segi visibilitas dan efektivitas pembelajaran dari segi visibilitas nilai kompetensi kepribadian guru nilai 7,66 dengan katagori “Baik”, Pelaksanaan pembelajaran 7, 55 katagori “Baik”, dan rencana pelaksanaan pembelajaran 7,39 katagori “Baik”, dan rasio guru dengan peserta didik 1: 70,43 kategori “Kurang ideal” sedangkan dari segi jadi efektivitas pembelajaran untuk nilai peserta didik menujukan berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimal jadi peserta didik sudah mengikuti pembelajaran PJOK dengan baik, serta dilihat dari kuesioner yang diberikan kepada peserta didik 75 orang dengan 12 pertanyaan memberikan skor keseluruhan sangat tidak setuju 2,21%, tidak setuju 7% setuju 71%, dan sangat setuju 22%. Jadi dapat disimpulkan dari segi visibilitas 1). Kompetensi kepribadian guru kategori baik dengan menguasai aspek memesona, berwibawa, guru bersikap tegas, dan samapta, 2). Pelaksanaan pembelajaran kategori baik dengan menguasai aspek membuka pembelajaran, penguasaan materi, melaksanakan evaluasi, dan menutup pembelajaran, 3). Rencana pelaksanaan pembelajaran kategori baik dengan menguasai aspek menentukan tujuan pembelajaran, merancang materi pembelajaran, menentukan langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar, 4). Rasio Guru dengan peserta didik kategori kurang ideal, sedangkan dari efektivitas pembelajaran penyampaian materi yang mudah dipahami oleh peserta didik, sarana dan prasarana yang digunakan aman dan nyaman untuk digunakan, sistem pembelajaran yang sistematis dan menyenangkan bagi peserta didik, pemanfaatan media pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran yang diimplementasikan sesuai dengan yang direncanakan, dan peserta didik yang aktif mengikuti pembelajaran yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visibilitas, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran PJOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I MADE SUBAWA PUTRA LOKA |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 13:43 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 13:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21218 |
Actions (login required)
View Item |