DEVELOPING DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR ASSESSING 6th GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

Ardika Jaya Putra, I Gede (2024) DEVELOPING DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR ASSESSING 6th GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021098-COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021098-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021098-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru, (2) mengembangkan instrument penilaian berdiferensiasi untuk pembelajaran bahasa Inggris yang dibedakan dalam bentuk buku untuk siswa kelas 6 Sekolah Dasar pada semester satu berdasarkan Kurikulum Merdeka, dan (3) untuk mengetahui kualitas instrument penilaian berdiferensiasi yang dikembangkan. Landasan metodologi pada penelitian ini adalah menggunakan model DnD (Design and Development) oleh Richey dan Klein (2008). Model desain dan pengembangan memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, angket, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif oleh Miles, Huberman, & Saldaña, (2014), dan secara kuantitatif menggunakan rumus dan kualifikasi dari Nurkancana dan Sunartana, (1992). Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan lima kebutuhan utama siswa dan guru, semua kebutuhan ini digunakan sebagai dasar peneliti untuk mengembangkan produk, (2) perancangan dibuat menggunakan matrix atau cetak biru yang sesuai dengan hasil analisis kebutuhan, dan pengembangan produk menggunakan website Canva, produk juga dikembangkan didukung dengan VARK (Visual, Auditory, Membaca/Menulis dan Kinestetik) gaya belajar (Fleming, 2001) sebagai diferensiasi content (3) kualitas produk diukur dengan expert judgement dan user judgement, dengan nilai produk tergolong “Sangat Baik” menunjukkan bahwa produk tersebut sudah diakui oleh dua expert dan dua user atau guru untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instrumen Penilaian, , Penilaian Diferensiasi, Kurikulum Merdeka, Gaya Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Ardika Jaya Putra
Date Deposited: 24 Jul 2024 21:06
Last Modified: 24 Jul 2024 21:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item