Pinatih, Komang Anggun Puspita Mahayuni (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011057-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011057-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tertulis tujuannya dalam mengetahui ada pengaruh penerapan model pembelajaran Knisley dengan berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan pemecahan suatu masalah matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Denpasar. Jenis penelitian digunakan diartikan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian tertulis diartikan siswa kelas VIII SMPN 1 Denpasar tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian tertulis yakni kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen digunakan dalam mengukur kemampuan pemecahan suatu masalah matematika pada siswa berupa tes kemampuan pemecahan suatu masalah. Teknik analisis data dengan uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene’s, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni dengan uji-t. Model pembelajaran Knisley dengan berbasis masalah kontekstual dan pembelajaran konvensional ternyata dengan pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan pemecahan suatu masalah matematis siswa, berdasarkan uji keterampilan siswa tersebut. Berdasarkan model pembelajaran Knisley dengan berbasis masalah kontekstual, nilai rata-rata pemecahan suatu masalah matematis siswa sejumlah 83,63; Sebaliknya pada pembelajaran konvensional didapat nilai rata-rata sejumlah 74,16. Tingkat signifikansi 5% digunakan untuk hasil analisis data uji t, menghasilkan nilai sig. khususnya, 0,010. Berdasarkan hasil penelitian yang terdokumentasi, siswa dengan model pembelajaran Knisley dengan berbasis masalah kontekstual dengan kemampuan pemecahan suatu masalah matematis yang lebih unggul dibanding dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan suatu masalah matematika pada siswa, model pembelajaran Knisley dengan berbasis masalah kontekstual, pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Anggun Puspita Mahayuni Pinatih |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21249 |
Actions (login required)
View Item |