Putri, Ida Ayu Gede Tapini (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011029-ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (413kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011029-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-LKPD terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan desain penelitian ini adalah post-test only control group. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 548 siswa yang terdistribusi ke dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X7 dan X8 yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pemahaman konsep matematika siswa diukur pada akhir penelitian dengan menggunakan tes berbentuk soal uraian. Data berupa skor pemahaman konsep matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor. Uji Lilliefors dan uji Levene menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Karena uji asumsi telah terpenuhi, maka uji-t dapat dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai t_hitung=2,369 dan dengan taraf signifikansi 5% dan db = 90, diperoleh nilai t_tabel=1,662. Dengan demikian, berdasarkan kriteria pengujian t_hitung>t_tabel sehingga H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-LKPD lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E berbantuan E-LKPD berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep matematika, model pembelajaran Learning Cycle 5E, E-LKPD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Gede Tapini Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21284 |
Actions (login required)
View Item |