Situmorang, Cindy Fruth Novi (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 KAYUPUTIH MELAKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021024-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021024-ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun e-book berbasis problem based learning, (2) mendeskripsikan validitas e-book berbasis problem based learning, dan (3) mengetahui efektivitas e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kayuputih Melaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian (1) proses pengembangan e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,36%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,85%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95,83%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (98,33%). Efektivitas produk pengembangan e-book berbasis problem based learning dilihat dari hasil hitung uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan e-book berbasis problem based learning. Secara umum hasil penelitian e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kayuputih Melaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-book, IPAS, problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | CINDY FRUTH NOVI SITUMORANG |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21290 |
Actions (login required)
View Item |