BUDIYANTI, KOMANG ADI (2024) ANALISIS PEMAHAMAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DI GUGUS 1 KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031351-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031351-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031351-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1911031351-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1911031351-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911031351-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031351-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031351-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031351-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru di Gugus I Kecamatan Buleleng terhadap karakteristik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di Gugus I Kecamatan Buleleng sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, berupa tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dalam bentuk mean, median, modus, varians, standar deviasi, dan persentase, kemudian dari data tersebut digambarkan ke dalam kurva polygon. Hasil penelitian menemukan bahwa pemahaman guru di Gugus I Kecamatan Buleleng terhadap karakteristik peserta didik yaitu berada pada tingkat yang cukup tinggi. Hal ini dilihat dari hasil analisis ini, yang menunjukkan hasilnya adalah hasil tes pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik secara umum tinggi dengan rata-rata nilai sebesar 84,38. Dilihat dari jenis kelamin, guru perempuan memperoleh rata-rata sebesar 84, lebih tinggi daripada guru laki-laki, dan memperoleh rata-rata sebesar 83,91. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman guru perempuan lebih tinggi daripada pemahaman guru laki laki. Dilihat dari kualifikasi guru penggerak, pemahaman terhadap karaktersitik peserta didik pada guru penggerak lebih tinggi daripada guru non penggerak. Rata-rata skor yang diperoleh guru penggerak adalah 89,5, sedangkan rata-rata skor guru non penggerak 82.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Guru, Karakteristik Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Adi Budiyanti |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 00:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21341 |
Actions (login required)
View Item |