Yuaniandari, Lisna (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA E-KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS IX YOS SUDARSO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031296-COVER.pdf Download (606kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031296-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031296-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031296-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk dalam rancangan eksperimen semu menggunakan rancangan Quasi Experimental Desain. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 202 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 5 sekolah. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol dengan undian. Maka, didapatkan kelas IVA di SD Negeri 10 Sanur adalah kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan pada kelas IVA di SD Negeri 12 Sanur adalah kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data keterampilan berbicara menggunakan metode non tes berupa observasi berstruktur dengan instrument rubrik penelian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,295 sedangkan pada taraf signifikan 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 44 diperoleh nilai ttabel = 2,015. Hal ini berarti thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik dengan kelompok siswa dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kooperatif Tipe Role Playing, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisna Yuniandari |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 01:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 01:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21480 |
Actions (login required)
View Item |