Winangun, I Made Ari (2024) Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD Berbasis Kasus dengan Konteks Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2139011022-COVER.pdf Download (851kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2139011022-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011022-BAB 2 KAJIAN TEORETIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011022-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2139011022-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
Ketersediaan sumber belajar mandiri yang representatif merupakan permasalahan pembelajaran IPA di perguruan tinggi. Inilah yang menjadi dasar dilaksanakan suatu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul mata kuliah Konsep Dasar IPA SD berbasis kasus dengan konteks kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah 294 mahasiswa, 11 ahli, dan 11 dosen keilmuan IPA SD. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi untuk semua tahapan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman wawancara dan kuesioner untuk menentukan karakteristik produk pengembangan, kuesioner untuk menganalisis validitas dan kepraktisan produk pengembangan, serta tes kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis untuk menganalisis efektivitas produk pengembangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) e-modul memiliki karakteristik yang dikonstruksi dengan penggunaan teknologi melalui aplikasi Canva, Flip PDF Corporate, Edpuzzle, Googleform, dan Googledoc, serta menyajikan kasus, video, dan gambar terkait materi dan konteks kearifan lokal; (ii) e-modul ditinjau dari aspek konten dan budaya, media, serta bahasa memperoleh indeks validitas Aiken dengan kualifikasi sangat valid; (iii) e-modul oleh dosen dan mahasiswa baik pada tahapan preliminary field testing maupun pada tahapan main field testing memiliki kualifikasi sangat praktis; serta (iv) e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis pada tahapan preliminary field testing sesuai hasil n-gain score berkualifikasi sedang dan pada tahapan main filed testing sesuai hasil analisis MANCOVA yang menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis antara kelompok mahasiswa yang belajar melalui e-modul berbasis kasus dengan konteks kearifan lokal dibandingkan dengan belajar melalui pembelajaran konvensional setelah pengetahuan awal dikendalikan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, konsep dasar IPA SD, kearifan lokal, pembelajaran berbasis kasus, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I MADE ARI WINANGUN |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21496 |
Actions (login required)
View Item |