PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rahel Naibaho, Maria Teresa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014031018-COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014031018-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014031018-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dalam pembelajaran geografi, dan (2) pengaruhnya terhadap hasil belajar dan (3) keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukasada Buleleng. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan tipe Non Equivalent Control Group Design. Sampel kelas ditentukan secara random sederhana pada pasangan kelas yang setara, dan terpilih kelas XI-IPS C sebagai kelas eksperimen (E) dan kelas XI-IPS D sebagai kelas kontrol (K). Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dalam pembelajaran geografi dapat diterapkan guru dengan kriteria sangat baik (85,82), (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (0,000 < 0,05), dan (3) keterampilan berpikir kritis siswa (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dapat dijadikan sebagai referensi model pembelajaran yang dikolaborasikan dengan media interaktif bagi guru geografi SMA dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, Google Sites, hasil belajar, berpikir kritis, pembelajaran geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: MARIA TERESA RAHEL NAIBAHO
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:00
Last Modified: 30 Jul 2024 04:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item