Rahel Naibaho, Maria Teresa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031018-COVER.pdf Download (473kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031018-ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dalam pembelajaran geografi, dan (2) pengaruhnya terhadap hasil belajar dan (3) keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukasada Buleleng. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan tipe Non Equivalent Control Group Design. Sampel kelas ditentukan secara random sederhana pada pasangan kelas yang setara, dan terpilih kelas XI-IPS C sebagai kelas eksperimen (E) dan kelas XI-IPS D sebagai kelas kontrol (K). Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dalam pembelajaran geografi dapat diterapkan guru dengan kriteria sangat baik (85,82), (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (0,000 < 0,05), dan (3) keterampilan berpikir kritis siswa (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif Google Sites dapat dijadikan sebagai referensi model pembelajaran yang dikolaborasikan dengan media interaktif bagi guru geografi SMA dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, Google Sites, hasil belajar, berpikir kritis, pembelajaran geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | MARIA TERESA RAHEL NAIBAHO |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21540 |
Actions (login required)
View Item |