Bayangkari, Bayangkari (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAYAN, SUPERVISI AKADEMIK, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2139011016-COVER)
2139011016-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2139011016-ABSTRAK)
2139011016-Abstrak.pdf Download (252kB) |
|
Text (2139011016-BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011016-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (433kB) |
|
Text (2139011016-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011016-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (2139011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011016-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2139011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011016-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2139011016-BAB 5 PENUTUP)
2139011016-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (2139011016-DAFTAR PUSTAKA)
2139011016-Daftar Pustaka.pdf Download (606kB) |
|
Text (2139011016-LAMPIRAN)
2139011016-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan pelayan, supervisi akademik, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerga guru. Penelitian dilakukan terhadap guru SMP di Kabupaten Lombok Tengah menerapkan teknik survei menggunakan kuesioner pada 352 sampel diambil dari 2.722 orang sesuai formula Morgan yang dikoreksi dengan rumus Warwich dan Lininger. Data penelitian dianalisis dengan teknik Structural Equation Modeling dan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) deskripsi kuantitatif variabel kepemimpinan pelayan, supervise akademik, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru pada kategori sangat tinggi. (2) model teoretik yang dibangun dari variabel penelitian membentuk persamaan struktural pada kategori kuat untuk memprediksi hasil analisis, (3) kepemimpinan pelayan berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (4) kepemimpinan pelayan berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (5) supervisi akademik berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (6) supervisi akademik tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru, (7) motivasi kerja berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (8) motivasi kerja tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru, (9) kepuasan kerja berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (10) kepemimpinan pelayan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja, (11) supervisi akademik tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja, (12) motivasi kerja berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja. Temuan penelitian ini bahwa kepuasan kerja berpengaruh paling kuat terhadap kinerja guru, selain itukepuasan kerja mampu memediasi dengan baik pengaruh kepemimpinan pelayan dan supervisi akademik terhadap kinerja guru. Direkomendasikan untuk menerapkan kepemimpinan pelayan, supervisi akademik, motivasi kerja dan kepuasan kerja untuk meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Pelayan; Supervise Akademik; Motivasi Kerja; Kepuasan Kerja; Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Bayangkari |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 09:38 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 09:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21567 |
Actions (login required)
View Item |