Cahyani, Komang nanda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PEREKONOMIAN MUATAN IPAS PADA KELAS V SD NO 1 SELAT TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031144-COVER.pdf Download (478kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031144-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031144-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031144-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPAS perekonomian di daerahku kelas V di SD No. 1 Selat. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli isi materi, dan siswa kelas V SD No. Selat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa media pembelajaran interaktif yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 95%, ahli isi 90,6%, ahli desain pembelajaran 92,8%, ahli media pembelajaran 97,9%, uji perorangan 88,5%, uji kelompok kecil 86,8%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t univariat diperoleh thitung sebesar 13.945 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 27 adalah sebesar 2,05. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (13.945 > 2,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas V SD No. 1 Selat sesudah menggunakan media pembelajaran video pembelajaran interaktif berbasis kontekstual muatan IPAS materi perekonomian lebih dari atau sama dengan KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif materi perekonomian diterapkan pada muatan pelajaran IPAS kelas V di SD No. 1 Selat. Keefektivan penggunaan media pembelajaran interaktif juga terlihat dari peningkatan rata-rata kompetensi pengatahuan IPAS siswa yang diukur melalui pretest dan posttes. Nilai rata-rata pretest sebesar 58,9 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92,6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Materi Perekonoman muatan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Nanda Cahyani |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 00:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 00:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21616 |
Actions (login required)
View Item |