Wisuendri, Luh Dewi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KINERJA PERAWATAN BAYI PADA PESERTA DIDIK SMK FASE F KOMPETENSI KEAHLIAN ASISTEN KEPERAWATAN DAN CAREGIVER. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229021010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229021010-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229021010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229021010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen kinerja perawatan bayi, mengetahui nilai validitas, reliabelitas, daya beda dan kesukaran butir pada instrumen kinerja perawatan bayi serta mengetahui estimasi parameter instrumen kinerja perawatan bayi pada peserta didik fase F, Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan Caregiver. Subjek uji coba pada penelitian ini sejumlah 70 peserta didik fase F, Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan Caregiver di Kabupaten Buleleng. Rancangan penelitian ini mempergunakan model pengembangan dari Borg & Gall (1983) dengan prosedur uji coba dalam pengembangan instrumen penilaian mencakup beberapa langkah, yaitu: validitas isi yang dinilai mempergunakan indeks Content Validity Ratio (CVR), konsistensi internal item yang dihitung dengan koefisien korelasi product moment, reliabilitas instrumen yang diukur dengan formulasi Alpha Cronbach, daya pembeda item yang dianalisis dengan formulasi Ferguson, taraf kesulitan item tes, serta analisis estimasi parameter instrumen kinerja perawatan bayi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai CVR pada tiap soal adalah 1,00. (2) Indeks korelasi setiap butir soal lebih besar dari pada rtabel senilai 0,349 dan reliabilitas tes didapati nilai 0,987. (3) Butir instrument daya pembeda dengan kriteria baik sekali sejumlah 4 butir, 21 butir berkriteria baik dan 1 butir berkriteria sedang. Pada tingkat kesukaran ada 30 butir berkriteria sedang dan 1 butir berkriteria sukar. (4) hasil analisis probabilitas peserta didik menjawab dengan benar mempergunakan teknik GRM menunjukkan peningkatan dari tingkat kemampuan siswa terendah, yaitu θ = -4, hingga tingkat kemampuan siswa tertinggi, yaitu θ = 4, untuk setiap kategori item kinerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, instrumen kinerja, perawatan bayi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Luh Dewi Wisuendri |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 00:49 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21827 |
Actions (login required)
View Item |