EVALUASI USABILITY SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA DENGAN METODE CONCURRENT THINK ALOUD, WEBUSE, DAN SYSTEM USABILITY SCALE

Sarasmayana, Ketut Yoga (2024) EVALUASI USABILITY SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA DENGAN METODE CONCURRENT THINK ALOUD, WEBUSE, DAN SYSTEM USABILITY SCALE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029101021-COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029101021-ABSRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029101021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029101021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029101021-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sarasmayana, Ketut Yoga (2024), “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Teknologi Indonesia Dengan Metode Concurrent Think Aloud, Webuse, Dan System Usability Scale”. Tesis, S2 Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Luh Joni Erawati Dewi, S.T., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs. Kata-kata kunci: evaluasi usability, webuse, system usability scale, think aloud Penelitian ini dilatarbelakangi situasi bahwa sistem informasi akademik (SIAKAD) Universitas Teknologi Indonesia (UTI) belum pernah dilakukan uji kegunaan berdasarkan respon pengguna. Selain itu, alur yang terjadi pada sistem informasi akademik UTI belum padu. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan: 1) merumuskan hasil evaluasi Usability dengan metode Concurrent Think Aloud dan Webuse pada Sistem Informasi Akademik Universitas Teknologi Indonesia; 2) mendeskripsikan rekomendasi evaluasi Usability metode Concurrent Think Aloud dan Webuse pada SIAKAD UTI; dan 3) membuat simulasi pengembangan SIAKAD UTI serta mendeskripsikan hasil uji dengan metode System Usability Scale (SUS). Metode penelitian menggunakan mix methods kualitatif dan kuantitatif dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan objektif. Data evaluasi usability dengan metode Concurrent Think Aloud dikumpulkan dengan wawancara, evaluasi usability dengan metode Webuse dikumpulkan dengan kuisioner, dan data kepuasan dengan metode SUS dikumpulkan dengan kuisioner rangkaian tugas. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi SIAKAD UTI menggunakan metode Concurrent Think Aloud menemukan bahwa pada SIAKAD UTI terdapat banyak tombol navigasi yang tidak dapat berfungsi, fitur tombol yang tidak konsisten, letak/posisi tombol yang tidak proporsional, dan pemilihan warna yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pada SIAKAD UTI perlu dilakukan perbaikan. (2) Hasil evaluasi SIAKAD UTI menggunakan metode Webuse menemukan bahwa nilai rerata keseluruhan point usability yaitu 0,23 berada pada rentang 0,2< x ≤0,4 dengan kategori usability level Poor yang berarti bahwa perlu dilakukan perbaikan pengembangan SIAKAD UTI. (3) Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan simulasi pengembangan SIAKAD UTI dilanjutkan dengan uji kepuasan menggunakan SUS. Skor rata-rata yang diperoleh setelah dilakukan pengolahan skor penilaian dari responden didapatkan nilai rata-rata sebesar 97,35 (Best Imaginable) yang menunjukkan bahwa responden sangat puas dalam menggunakan hasil simulasi pengembangan SIAKAD UTI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ketut Yoga Sarasmayana
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:12
Last Modified: 06 Aug 2024 07:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item