Mahayani, Luh Riska (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223011011-COVER.pdf Download (470kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223011011-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223011011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran berpendekatan Authentic Inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp, yang terdiri dari fase preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Denpasar yaitu kelas XE7, XE8 dan XE9. Instrumen pengumpulan data yaitu (1) Lembar validitas, (2) Lembar kepraktisan (3) Tes essay (pretest, posttest) mengukur keefektifan modul. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Modul yang diuji memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yaitu validitas mencapai kriteria sangat valid dengan skor 3,84 dari skor maksimum 4,00, kepraktisan mencapai kriteria praktis dengan skor 4,08 dari skor maksimum 5,00, keefektifan mencapai N Gain 0,703 dengan kriteria keefektifan tinggi. Karakteristik modul yang dikembangkan memuat aktivitas Inquiry yang terdiri dari: (a) Menyimak Fakta untuk memudahkan indikator memahami masalah; (b) Merumuskan Masalah, Merumuskan Hipotesis, Merancang Penyelesaian untuk memudahkan memahami indikator Merancang Rencana Penyelesaian (c) Temukan Data, Menarik Kesimpulan untuk memudahkan memahami indikator Melaksanakan Rencana Penyelesaian; (d) Rangkuman dan Evaluasi Diri memudahkan memahami indikator Melihat Kembali Langkah Penyelesaian.(2) Penerapan modul berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 69,82%, dengan skor rata-rata meningkat dari 50,26 pada pretest menjadi 85,35 pada posttest. Hal ini diperkuat oleh hasil wawancara yang menunjukkan bahwa siswa merasa lebih paham, lebih terlibat dalam proses pembelajaran, serta mengalami peningkatan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Pendekatan Authentic Inquiry, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Luh Riska Mahayani |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21889 |
Actions (login required)
View Item |