Pudiarsini, Ni Luh (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Gamificatin dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171023-COVER.pdf Download (891kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2220171023-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171023-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171023-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pudiarsini, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Gamification dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Pembimbing I Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dr. I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : gamification, gaya kognitif, kemampuan bernalar kritis, pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan bernalar kritis anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Gamification dengan kelompok anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) mendeskripsikan perbedaan bernalar kritis antara anak yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dengan kelompok anak yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) pada anak kelompok B, 3) mendeskripsikan interaksi pengaruh antara model pembelajaran gamification dan gaya kognitif terhadap kemampuan bernalar kritis anak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelompok B yang ada di TK Pelita Kasih dan TK Eka Dharma yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif mereka (FD dan FI) dan model pembelajaran yang diterapkan (gamification dan konvensional). Sampel penelitian ini terdiri dari 66 anak dari kelompok B TK Pelita Kasih dan TK Eka Dharma. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data kemampuan bernalar kritis siswa dikumpulkan melalui observasi yang terstruktur sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran gamification terhadap kemampuan bernalar kritis siswa. Selain itu, ditemukan juga interaksi yang signifikan antara model pembelajaran gamification dan gaya kognitif terhadap kemampuan bernalar kritis. Siswa dengan gaya kognitif FD menunjukkan peningkatan kemampuan bernalar kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa FI dalam model pembelajaran gamification. Temuan ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran gamification terhadap kemampuan bernalar kritis anak, 2) terdapat pengaruh gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent terhadap kemampuan bernalar kritis anak, 3) terdapat interaksi model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Gamification, Gaya Kognitif, Bernalar Kritis, Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Pudiarsini |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21925 |
Actions (login required)
View Item |