Utami, Putri Meinika (2024) PENGARUH PRAKTIKUM KIMIA SMA SKALA KECIL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013031003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013031003-ABSTRAK.pdf Download (887kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013031003-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan antara Metode Praktikum Kimia Skala Kecil Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XII SMA Negeri 4 Singaraja dengan Metode Praktikum Kimia Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental yang dilaksanakan pada tiga materi pokok dan dua kelas. Dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Metode Praktikum Kimia Skala Kecil Berbasis Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan Metode Praktikum Kimia Konvensional. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, probabilitas ialah teknik pengambilan sampel yang dapat memberikan kesempatan yang sama untuk setiap anggota populasi agar dijadikan sampel. Dikarenakan dalam teknik probility sampling terdapat beberapa cara pengambilan sampel, maka penelitian ini memilih untuk mengambil teknik cluster. Data hasil penelitian dianalisis dengan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Metode Praktikum Kimia Skala Kecil Berbasis Inkuiri Terbimbing lebih meningkatkan Hasil Belajar siswa dibandingkan dengan Metode Praktikum Kimia Konvensional. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari hasil Mann-Whitney untuk Hasil Belajar Siswa Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 sehingga dapat disimpulkan 0,00 < 0,05 dan hipotesis diterima. Selain itu rata-rata selisih nilai posttest dan pretest dalam kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 27% dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest dan pretest pada kelas kontrol 11%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, metode praktikum kimia skala kecil, inkuri terbimbing dan metode praktikum kimia konvensional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Putri Meinika Utami |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 12:40 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 12:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21930 |
Actions (login required)
View Item |