Pengaruh Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP

Muliarsa, I Kadek (2024) Pengaruh Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223071001-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071001-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071001-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071001-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (30MB)

Abstract

Muliarsa, I Kadek (2024), Pengaruh Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. A. A Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ni Made Pujani, M.Si. Kata-kata kunci: model problem based learning, kearifan lokal, kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning bermuatan kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen dengan mengambil desain nonequivalent pretest-posttest group design. Penelitian ini melibatkan 78 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A memperoleh perlakukan model PBL bermuatan kearifan lokal, sedangkan kelas VIII B memperoleh perlakukan model PBL. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model problem based learning bermuatan kearifan lokal dan model problem based learning. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Variabel kovariat dalam penelitian ini adalah kemampuan awal siswa. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan memiliki validitas isi tinggi dan reliabilitas tes yang tinggi. Data yang dikumpulkan berupa data pretest dan posttest. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan analisis varian untuk menjawab hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan MANCOVA dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreatif secara simultan antara kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning bermuatan kearifan lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning dengan signifikansi kurang dari 0,05; 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning bermuatan kearifan lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning. Rata-rata kemampuan berpikir kritis kelompok PBL bermuatan kearifan lokal 32,77 dengan kategori sangat baik, sedangkan kelompok model PBL memiliki rata-rata 26,13 dengan kategori baik; dan 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning bermuatan kearifan lokal dengan kelompok siswa yang menggunakan model problem based learning. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelompok PBL bermuatan kearifan lokal 34,44 dengan kategori sangat baik, sedangkan kelompok model PBL memiliki rata-rata 27,79 dengan kategori cukup baik. Merujuk pada hasil penelitian, bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, kearifan lokal, kemampuan berpikir kritis dan kreatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Kadek Muliarsa
Date Deposited: 16 Aug 2024 23:16
Last Modified: 16 Aug 2024 23:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item