Sutrisna, Sang Gede (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KEGIATAN EKONOMI USAHA KOPI PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NO. 1 PELAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031154-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031154-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031154-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Riset ini sasarannya untuk (1) menggambarkan desain E-Book yang berfokus pada Pembelajaran Berbasis Masalah. materi kegiatan ekonomi usaha kopi pada pembelajaran IPAS kelas V di SD No. 1 Pelaga. (2) menganalisa kelayakan media Buku Elektronik yang didasarkan pada Pembelajaran Berbasis Masalah. materi kegiatan ekonomi usaha kopi tentang isi, desain, media, tes individu dan tes kelompok kecil dengan siswa kelas 5 Sekolah dasar No. 1 Pelaga. (3) mengetahui efektivitas media E-Book berbasis Problem Based Learning materi kegiatan ekonomi usaha kopi pada pembelajaran IPAS kelas V di SD No. 1 Pelaga. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa kuisioner serta teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media E-Book dengan hasil penilaian rancang bangun dengan persentase 90,90 % (Sangat Baik). (2) kualitas E-Book menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran dengan Sebesar 90% (Sangat Baik), uji ahli desain intruksional sebesar 90,63% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,63% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 93,3% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,22% (Sangat baik). (3) Efektivitas E-Book berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung= 14,06 untuk dk 48 dan taraf signifikan 5% = 2,011. Hal ini berarti t_hitung>t_tabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan E-Book berbasis Problem Based Learning materi kegiatan ekonomi usaha kopi pada pembelajaran IPAS kelas V di SD No. 1 Pelaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: E-Book, Problem Based Learning, IPAS, Ekonomi Usaha Kopi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sang Gede Sutrisna |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 04:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22005 |
Actions (login required)
View Item |