Ajmadewi, Ni Putu Khrisna (2024) Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline dalam Pembelajaran Cerpen Kelas XI di SMK Negeri 1 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229011005-COVER.pdf Download (513kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229011005-ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229011005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ajmadewi, Ni Putu Khrisna Ajmadewi (2024), Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline dalam Pembelajaran Cerpen Kelas XI di SMK Negeri 1 Denpasar. Tesis, Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. I Wayan Rasna, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum. Kata-kata kunci: Articulate Storyline, media interaktif, pembelajaran digital Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif mengenai (1) proses perancangan media interaktif Articulate Storyline, (2) validitas media interaktif Articulate Storyline, (3) kepraktisan media interaktif Articulate Storyline, dan (4) keefektifan media interaktif Articulate Storyline dalam pembelajaran cerpen kelas XI di SMK Negeri 1 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah menggunakan model 4-D Thiagarajan, yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Namun karena keterbatasan waktu dan biaya, penelitian hanya dilaksanakan sampai tahapan develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian angket dan melakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan hasil angket yang diperoleh, menghitung skor pada uji validitas dan uji kepraktisan, serta menganalisis data efektivitas. Berdasarkan cara kerja tersebut diperoleh hasil: pertama, hasil dari proses perancangan adalah produk media interaktif Articulate Storyline yang digunakan dalam pembelajaran cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar; kedua, untuk hasil uji validitas mendapatkan penilaian sangat valid dari ahli materi, kebahasaan, dan kegrafikan; ketiga, hasil uji kepraktisan media interaktif Articulate Storyline mendapatkan kategori praktis dari guru maupun siswa; keempat, nilai efektivitas media interaktif Articulate Storyline dalam pembelajaran cerpen yang dikembangkan tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai gain sebesar 0,59 dengan kategori peningkatan sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline, media interaktif, pembelajaran digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | NI PUTU KHRISNA AJMADEWI |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 05:42 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 05:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22039 |
Actions (login required)
View Item |