Putra, Kadek Sumara (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 8 SINGARAJA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MASALAH OPEN ENDED. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011097-COVER.pdf Download (318kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011097-ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613011097-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613011097-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613011097-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011097-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613011097-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011097-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran ICARE berbantuan masalah open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa VIII F SMP Negeri 8 Singaraja. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ICARE berbantuan masalah open ended selama proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat melalui nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa mengalami peningkatan 32,11 pada refleksi awal, meningkat menjadi 51,75 pada siklus I, dan meningkat menjadi 60,94 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 0% pada refleksi awal menjadi 15,625% pada siklus I, menjadi 43,75% pada siklus II dan rata-rata skor tanggapan siswa 57,16 telah berada pada kategori positif. Peningkatan ini terjadi karena adanya upaya-upaya perbaikan pada tiap siklusnya yang berpedoman pada hasil refleksi siklus sebelumnya, sehingga siswa berpartisi lebih aktif dalam pemebelajaran, mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri mengenai materi pelajaran yang sedang dipelajari dengan mengaitkan materi yang sudah pernah dipelajari, dengan pemebrian masalah open ended pada LKS memicu kreativitas berpikir siswa yang bermuara pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran ICARE berbantuan masalah open ended mampu meningkatakan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: model pembelajaran ICARE, masalah open ended, kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran ICARE, masalah open ended, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Sumara Putra |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
View Item |