Putri, Anak Agung Ayu Vira Widya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ARBECA (AUGMENTED REALITY BELAJAR MEMBACA) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN LITERASI MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2229171004-COVER.pdf Download (449kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171004-ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (725kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171004-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ARBECA (Augmented Reality Belajar Membaca) guna menumbuhkan kemampuan kognitif dan literasi membaca awal anak usia dini. Kajian dalam penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu analysis, design, development dan implementation. Sampel dalam penelitian ini adalah anak – anak kelompok B2 yang berjumlah 30 siswa di Tk Pradnyandari III, Kuta Utara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa kuesioner, 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif antara anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media augmented reality belajar membaca dan anak yang tidak dibelajarkan dengan media augmented reality belajar membaca. 2) Terdapat perbedaan signifikan pada literasi membaca awal antara anak yang dibelajarkan dengan media augmented reality belajar membaca dan anak yang tidak dibelajarkan media augmented reality belajar membaca. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif dan literasi membaca antara anak yang dibelajarkan dengan media augmented reality belajar membaca dan anak yang tidak menggunakan media augmented reality belajar membaca.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, augmented reality, kemmapuan kognitif, literasi membaca awal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Vira Widya Putri |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22051 |
Actions (login required)
View Item |