Ardana, Agung (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR FLORA DAN FAUNA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP WIDYA SAKTI DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021004-Cover.pdf Download (393kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021004-Abstrak.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021004-Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021004-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan kemampuan menggambar flora dan fauna pada siswa kelas VIII SMP Widya Sakti Denpasar. Metode penelitian ini adalah quasi experiment berbentuk Treatment by Level. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Widya Sakti Denpasar yang berjumlah 279 siswa yang dibagi menjadi 7 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 159 siswa yang dipilih dengan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes mengambar flora dan fauna dan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yakni. Pertama, Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menggambar flora dan fauna siswa kelas VIII antara siswa yang mengikuti model pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dimana Fhitung =118,025 > Ftabel = 2,74. Kedua, Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan kemandirian terhadap kemampuan menggambar flora dan fauna dimana nilai F model pendekatan saintifik berbantuan media audio visual * Kemandirian = 0.391 < Ftabel = 2,74. Ketiga, Terdapat perbedaan yang signifikan menggambar flora dan fauna siswa yang mengikuti model pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan kemandirian dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan kemandirian tinggi dimana Egual Variances Assumed diketahui Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 « 0,05. Keempat, Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menggambar flora dan fauna siswa yang mengikuti model pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan kemandirian rendah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan kemandirian rendah dimana Egual Variances Assumed diketahui Sig. (2-tailcd) adalah sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan saintifik berbantuan media audio visual, kemampuan menggambar flora dan fauna. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ardana |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:14 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22055 |
Actions (login required)
View Item |