Putri, Putu Dian Aurilia (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Analogi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Bahasan Asam Basa di SMAN 1 Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031032-COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031032-ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031032-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar kimia siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran analogi dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan design non equivalent pretest posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kuta Utara pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6, XI MIPA 8, XI MIPA 9 dan XI MIPA 10. Data hasil penelitian berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran analogi dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran analogi lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Saran untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan memperhatikan motivasi belajar dan karakteristik yang dimiliki siswa guna meningkatkan keefektifan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran analogi, model pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | PUTU DIAN AURILIA PUTRI |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 01:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2206 |
Actions (login required)
View Item |