Galuh Nayayika Manik, Putu (2024) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS IN GRADES 1 AND 2 AT PELANGI SCHOOL BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021201-COVER.pdf Download (750kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021201-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021201-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan bermakna seperti menggunakan metode Project Based Learning. Project Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas. Penerapan metode ini belum banyak digunakan oleh guru di sekolah dasar nasional. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana prosedur penerapan Project Based Learning dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa usia dini, menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan Project Based Learning dan strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru ketika menerapkan PjBL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa di kelas, dan peneliti melakukan observasi menggunakan daftar periksa observasi dan wawancara dengan guru kelas 1 dan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 dan 2 mampu menerapkan PjBL menggunakan enam sintaks dengan baik. Guru masih menghadapi tantangan serupa ketika menerapkan PjBL ke dalam praktik, seperti: guru di setiap kelas mengalami kesulitan mengelola siswa yang sibuk berbicara di kelas ketika guru menjelaskan, dan siswa yang selalu mengeluh ketika guru membagikan kelompok secara acak. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru memiliki jargon khusus untuk menjaga fokus siswa dan melakukan pendekatan dengan memberikan pemahaman bahwa bekerja dalam kelompok tidak harus dengan teman tertentu saja. Guru juga memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah saat melaksanakan PjBL dan guru telah menyiapkan strategi apabila terjadi perubahan terkait rencana pembelajaran yang telah dibuat. Kata Kunci: Implementasi PjBL, Tantangan, Strategi, TEYL
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi PjBL, Tantangan, Strategi, TEYL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | PUTU GALUH NAYAYIKA MANIK |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 00:52 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22117 |
Actions (login required)
View Item |