Munthe, Naomita Maharani Br (2024) KEMAMPUAN PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (935kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (298kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis Kompetensi Profesional guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi, (2) Menganalisis Kompetensi Pedagogik guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi, (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi, dan (4) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS. Berkenaan dengan itu dilakukan peneltian dengan rancangan deskriptif melalui studi populasi yang melibatkan lima (5) guru geografi di Kota Singaraja. Pengumpulan data menggunakan metode survei, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan dokumen, yang selanjtnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis tabel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi Profesional guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi tergolong dalam kriteria ’sangat Tinggi’ (86,4), (2) Kompetensi Pedagogik guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi tergolong dalam kriteria ’sangat Tinggi’ (89,2), (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi secara umum bersifat mendukung guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS, hanya pada aspek sertifikasi dan pelatihan pada sejumlah SMA yang belum mendukung, dan (4) faktor penghambat yang dihadapi guru geografi SMA di Kota Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS, secara umum terjadi pada tiga (3) indikator yang digunakan, yaitu karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, pemilihan kompetensi dasar, dan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Faktor-Faktor yang mempengaruhi, Guru Geografi, Higer Order Thinking Skills, Kemampuan Profesional, Kemampuan Pedagogik, Kendala-kendala yang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Naomita Maharani Br Munthe |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22230 |
Actions (login required)
View Item |