PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Luh Putu Yulia Astuti (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031227-COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031227-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031227-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031227-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031227-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031227-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031227-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031227-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031227-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya media pembelajaran menyebabkan hasil belajar IPS siswa relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas multimedia interaktif PowerPoint berbasis iSpring Suite terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi ASEAN kelas VI di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen ahli materi, 3 orang dosen ahli media, 3 orang dosen ahli desain pembelajaran, 3 orang guru sebagai ahli praktisi, 3 orang siswa kelas VI pada uji coba perorangan, dan 9 orang siswa kelas VI pada uji coba kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan tes. Hasil penelitian dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t hitung 7,25 lebih besar dari nilai t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain score yaitu 56,1% termasuk pada kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPS materi ASEAN untuk kelas VI sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, iSpring Suite, ASEAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Yulia Astuti Dewi
Date Deposited: 24 Oct 2024 12:31
Last Modified: 24 Oct 2024 12:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item