PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS DENGAN PENDEKATAN SELF INSTRUCTION BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adnyana, Komang Surya (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS DENGAN PENDEKATAN SELF INSTRUCTION BERMUATAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2139031002-COVER)
2139031002-Cover.pdf

Download (886kB)
[img] Text (2139031002-ABSTRAK)
2139031002-Abstrak.pdf

Download (232kB)
[img] Text (2139031002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031002-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (437kB)
[img] Text (2139031002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031002-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (2139031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (2139031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2139031002-BAB 5 PENUTUP)
2139031002-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (2139031002-DAFTAR PUSTAKA)
2139031002-Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB)
[img] Text (2139031002-LAMPIRAN)
2139031002-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum merdeka belajar yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4D yang melibatkan 3 orang ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, 25 orang siswa kelas IV se-Kabupaten Buleleng dan 15 orang guru SD se-Kabupaten Buleleng. Uji validitas dianalisis menggunakan formula Lawshe, analisis data uji kepraktisan menggunakan penelitian acuan patokan (PAP), dan untuk menentukan efektivitas bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar dan sikap sosial siswa kelas IV sekolah dasar dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan ditransformasikan effect size (ES). Hasil penelitian menunjukkan (1) rancangan bangun bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas IV sekolah dasar disusun pada tahap design yang memuat unsur- unsur (a) judul bahan ajar (b) petunjuk belajar (c) capaian pembelajaran, (d) tujuan pembelajaran, (e5) materi, (f) kegiatan pembelajaran, (g) refleksi dan (h) daftar pustaka. (2) hasil validasi bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas IV sekolah dasar aspek kelayakan isi bahan ajar aspek kelaykan bahan ajar, penyajian dan bahasa berada pada kategori valid. (3) hasil kepraktisan bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas IV sekolah dasar berada pada kategori praktis. (4) efektivitas bahan ajar IPAS dengan pendekatan Self Instruction bermuatan Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas IV sekolah dasar berada pada kategori efektivitas tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Self Instruction, Tri Kaya Parisudha, Hasil Belajar, Sikap Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Komang Surya Adnyana
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:43
Last Modified: 07 Nov 2024 06:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item View Item