Wahdaniyah, Giska Harfiatul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031003-COVER.pdf Download (631kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031003-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1914031003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1914031003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1914031003-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1914031003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031003-LAMPIRAN.pdf Download (760kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis implementasi model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan metode Reward dalam pembelajaran geografi SMA. (2) menganalisis motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan metode Reward diimplementasikan dalam pembelajaran geografi SMA. (3) menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran geografi SMA. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan Non-equivalent Control Group Desain. Eksperimen dilakukan di SMA Negeri 4 Singaraja. Penentuan Kelas Eksperimen (XI IPS-1) dan Kelas Kontrol (Kelas XI IPS-3) dilakukan secara randomisasi setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, dokumentasi dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berhasil mengimplementasikan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Reward dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik ”84,37”, (2) Motivasi belajar geografi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Reward dalam pembelajaran Geografi pada Kelas eksperimen sebesar 12,45%, sedangkan pada kelas kontrol peningkatannya hanya sebesar 10,795. (3) terdapat perbedaan motivasi belajar geografi siswa dalam pembelajaran geografi antara kelas kontrol dan eksperimen (sig .000 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Reward berpengaruh singnifikan terhadap peningkatan motivasi belajar geografi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi Belajar, Reward |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Giska Harfiatul Wahdaniyah |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:19 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22387 |
Actions (login required)
View Item |