Wijaya, I Putu Bagus Surya Wijaya (2025) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA PADA MURID KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015051099-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015051099-ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 MOTODE PENELITIAN)
2015051099-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015051099-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan anak di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi, dan keterampilan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Tri Hita Karana (THK) adalah konsep filosofis yang menggambarkan keseimbangan dan harmoni antara tiga aspek penting dalam kehidupan, yaitu hubungan antara manusia-Tuhan, manusia-alam, dan antar sesama manusia. Namun, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempermudah manusia mengakses semuanya, menjadi tantangan sendiri untuk mempertahankan konsep THK, beberapa contohnya seperti: kebiasaan membuang sampah sembarangan, pembulian oleh senior, pemangku yang ngibing tidak senonoh di dalam Pura, dan masih banyak contoh lainnya. Dengan adanya kasus-kasus ini, maka konsep Tri Hita Karana perlu diterapkan sejak dini untuk mempertahankan dan memperkuat pemahaman nilai-nilai budaya dan agama di tengah perkembangan teknologi dan pariwisata. Film animasi 3D adalah sebuah karya audiovisual yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer untuk menciptakan gambar-gambar yang tampak lebih nyata. Melalui survei yang sudah di lakukan, pengembangan film animasi 3D untuk edukasi nilai-nilai Tri Hita Karana dapat menjadi solusi inovatif untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman nilai-nilai budaya dan spiritual di kalangan anak-anak. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Model MDLC ini memiliki tahapan yang terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian telah dilakukan pada film animasi ini dan mendapatkan Hasil dari uji ahli isi dan uji ahli media dengan koefisien validitas 1.00 dengan kategori “Sangat Tinggi” serta Hasil uji responden dengan kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Indonesia, Animasi 3D, Tri Hita Karana |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I PUTU BAGUS SURYA WIJAYA |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22650 |
Actions (login required)
View Item |