PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA PADA MURID KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Wijaya, I Putu Bagus Surya Wijaya (2025) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA PADA MURID KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051099-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051099-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MOTODE PENELITIAN)
2015051099-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051099-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051099-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051099-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi, dan keterampilan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Tri Hita Karana (THK) adalah konsep filosofis yang menggambarkan keseimbangan dan harmoni antara tiga aspek penting dalam kehidupan, yaitu hubungan antara manusia-Tuhan, manusia-alam, dan antar sesama manusia. Namun, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempermudah manusia mengakses semuanya, menjadi tantangan sendiri untuk mempertahankan konsep THK, beberapa contohnya seperti: kebiasaan membuang sampah sembarangan, pembulian oleh senior, pemangku yang ngibing tidak senonoh di dalam Pura, dan masih banyak contoh lainnya. Dengan adanya kasus-kasus ini, maka konsep Tri Hita Karana perlu diterapkan sejak dini untuk mempertahankan dan memperkuat pemahaman nilai-nilai budaya dan agama di tengah perkembangan teknologi dan pariwisata. Film animasi 3D adalah sebuah karya audiovisual yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer untuk menciptakan gambar-gambar yang tampak lebih nyata. Melalui survei yang sudah di lakukan, pengembangan film animasi 3D untuk edukasi nilai-nilai Tri Hita Karana dapat menjadi solusi inovatif untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman nilai-nilai budaya dan spiritual di kalangan anak-anak. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Model MDLC ini memiliki tahapan yang terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian telah dilakukan pada film animasi ini dan mendapatkan Hasil dari uji ahli isi dan uji ahli media dengan koefisien validitas 1.00 dengan kategori “Sangat Tinggi” serta Hasil uji responden dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Indonesia, Animasi 3D, Tri Hita Karana
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I PUTU BAGUS SURYA WIJAYA
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:36
Last Modified: 24 Dec 2024 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22650

Actions (login required)

View Item View Item