The Effect of Interactive E-Modules Assisted by Google Sites on Students’ Critical Thinking Skills and Learning Engagement in EFL Classes

Ratnawati, Kadek (2024) The Effect of Interactive E-Modules Assisted by Google Sites on Students’ Critical Thinking Skills and Learning Engagement in EFL Classes. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2220819045-COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2220819045-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2220819045-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2220819045-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2220819045-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2220819045-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2220819045-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2220819045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2220819045-LAMPIRAN.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Ratnawati, Kadek. (2024). The Effect of Interactive E-Modules Assisted by Google Sites on Students’ Critical Thinking Skills and Learning Engagement in EFL Classes. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Thesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dra. Luh Putu Artini, M.A., PhD, and Pembimbing II: I Putu Indra Kusuma, S.Pd., M.Pd. PhD Kata-kata kunci: E-modul Interaktif, Google Sites, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterlibatan Pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki bagaimana e-modul interaktif berbantuan Google Sites mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan keterlibatan belajar siswa Sekolah Menengah Atas di kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penelitian ini menerapkan pendekatan metode campuran (concurrent embedded design), yang mengintegrasikan data kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan analisis menyeluruh. Desain quasi eksperimen terdiri dari kelompok eksperimen yang memanfaatkan e-modul interaktif berbantuan Google Sites dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan buku teks. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan pre-test dan post-test berpikir kritis, termasuk survei keterlibatan siswa sebelum dan sesudah intervensi. Temuan ini menunjukkan peningkatan substansial dalam keterampilan berpikir kritis dan keterlibatan belajar pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil survei menguatkan temuan ini, menunjukkan tingkat keterlibatan emosional, fisik, dan kognitif yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Data kualitatif dikumpulkan dengan menggunakan Burch Engagement Surveys Scale (BESS) yang dianalisis berdasarkan skala penilaian dan didukung oleh catatan penelitian ekstensif yang mendokumentasikan aktivitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Ditemukan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen lebih terlibat, bersemangat, dan kolaboratif dibandingkan siswa dalam kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa menggabungkan e-modul interaktif ke dalam metode pengajaran dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari e-modul interaktif, lembaga pendidikan harus berinvestasi pada sumber daya teknologi yang tepat dan memberikan pengembangan profesional bagi instruktur. Penelitian di masa depan harus melihat dampak jangka panjang dari e-modul interaktif dan aspek lain yang mempengaruhi keberhasilannya di berbagai lingkungan pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul Interaktif, Google Sites, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterlibatan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Kadek Ratnawati
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:05
Last Modified: 24 Dec 2024 08:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22652

Actions (login required)

View Item View Item