Manihuruk, Josua Jordan (2025) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN E-LKPD EKSPLORATIF TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR KELAS VIII SMPN 2 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011056-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011056-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011056-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk memahami makna dari sesuatu yang diketahui serta dapat menguraikan dalam bentuk yang lain. Seiring dengan perkembangan teknologi, guru dapat menggunakan bahan ajar yang berbantuan teknologi untuk memudahkan dalam penyampaian materi dan menarik minat peserta didik. Salah bahan ajar yang berbantuan elektronik yaitu LKPD elektronik atau biasa disingkat dengan E-LKPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test post test kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu, sedangkan untuk sampelnya yaitu kelas VIII D dan VIII E. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta soal pre-test dan post test pemahaman konsep peserta didik pada materi persamaan linear. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, dilakukan analisis Uji-T (Independent t-tets) dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil analisis penelitian yang dilakukan menunjukkan Sig.0.00.<0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep statistika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi persamaan linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi e-lkpd eksploratif, problem based learning, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Josua Jordan Manihuruk |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 14:58 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 14:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22769 |
Actions (login required)
View Item |