EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK KELOLA DIRI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Putra, Gede Widnyana (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK KELOLA DIRI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011011021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011021-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011021-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Disiplin adalah fondasi utama dalam pembentukan perilaku siswa, yang mencerminkan nilai taat, patuh, teratur, dan tertib. Namun, banyak siswa di Indonesia yang menunjukkan perilaku kurang disiplin, seperti datang terlambat, melanggar aturan sekolah, dan tidak menyelesaikan tugas tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling Perilaku dengan teknik Kelola Diri dalam meningkatkan disiplin siswa di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi konseling selama enam minggu, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan khusus. Data dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan uji t menggunakan program SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling Perilaku dengan teknik Kelola Diri efektif dalam meningkatkan disiplin siswa, terutama dalam aspek taat, patuh, teratur, dan tertib. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi sekolah dan konselor untuk mengimplementasikan strategi konseling yang mendukung perkembangan disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Perilaku, Kelola Diri, Disiplin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: GEDE WIDNYANA PUTRA
Date Deposited: 31 Jan 2025 05:05
Last Modified: 31 Jan 2025 05:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22955

Actions (login required)

View Item View Item