Pengembangan Micro Video Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024

Mirayanti, Ni Made (2025) Pengembangan Micro Video Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
2011021018-COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (Abstrak)
2011021018-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2011021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Teori)
2011021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (Metodelogi Penelitian)
2011021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
2011021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5 Penutup)
2011021018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
2011021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Lampiran)
2011021018-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan micro video berbasis problem based learning, (2) mendeskripsikan validitas pengembangan micro video berbasis problem based learning, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan micro video berbasis problem based learning pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas II Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses pengembangan micro video berbasis problem based learning pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas II Sekolah Dasar Mutiara Singaraja melalui tahap model Pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation); (2) Validitas terdiri dari uji validitas ahli dan uji coba produk. Hasil uji validitas ahli: (a) uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor 88,45% kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 95,81% kualifikasi sangat baik, dan (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 94,54% kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba produk: (a) uji coba perorangan diperoleh skor 93,66% kualifikasi sangat baik, (b) uji coba kelompok kecil diperoleh skor 91,78% kualifikasi sangat baik, dan (c) uji coba lapangan diperoleh skor 95,38% kualifikasi sangat baik; (3) Efektivitas penggunaan micro video dilihat dari perbedaan rata-rata pre-test 63,93 dan post-test 79,11. Hasil perhitungan uji-t berdasarkan taraf signifikansi 5% maka hasil yang diperoleh yaitu sig (0,000)<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan micro video berbasis problem based learning pada siswa kelas II. Maka dapat disimpulkan bahwa micro video berbasis problem based learning dinyatakan valid dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif bahasa Inggris siswa kelas II Sekolah Dasar Mutiara Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Micro Video, Problem Based Learning, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: NI MADE MIRAYANTI
Date Deposited: 31 Jan 2025 05:45
Last Modified: 31 Jan 2025 05:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item