Analisis Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas IXD SMP Negeri 5 Singaraja

Amalia, Salsabila Farah (2025) Analisis Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas IXD SMP Negeri 5 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011038-COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011038-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011038- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011038-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual, dan mendeskripsikan hasil dari analisis produk pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yatu analisis model interaktif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks cerpen, guru membuat perencanaan pembelajaran yang optimal berupa modul ajar. Guru menggunkan modul ajar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, lalu dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu belajar menulis teks cerpen dengan pendekatan kontekstual. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat dan telah menghasilkan 34 cerpen. Hasil cerpen tersebut dianalisis dengan menggunakan teori struktural.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Teks Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Salsabila Farah Amalia
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:57
Last Modified: 07 Feb 2025 04:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item