PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI BUDAYA LOKAL SASAK ”BANJAR” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BElAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD

Aen, Zaenal (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI BUDAYA LOKAL SASAK ”BANJAR” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BElAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229041066-COVER)
2229041066-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2229041066-ABSTRAK)
2229041066-Abstrak.pdf

Download (468kB)
[img] Text (2229041066-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041066-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (695kB)
[img] Text (2229041066-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041066-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (2229041066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041066-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229041066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041066-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (2229041066-BAB 5 PENUTUP)
2229041066-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (2229041066-DAFTAR PUSTAKA)
2229041066-Daftar Pustaka.pdf

Download (500kB)
[img] Text (2229041066-LAMPIRAN)
2229041066-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi budaya lokal sasak “banjar” terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan randomized non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa SD kelas IV di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan jumlah 120 orang. Sejumlah 44 siswa dijadikan sampel yang ditentukan dengan tekhnik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengisian angket dan pilihan ganda jawaban soal untuk mengukur tingkat motivasi dan hasil belajar IPAS siswa dengan metode pretest – posttest. Analisis data dilakukan dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan bantuan program SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian diperoleh : Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal sasak “banjar” terhadap motivasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 184,171, sig = 0,00 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal sasak “banjar” terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 24,936, sig = 0,00 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal sasak “banjar” secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 93,070, sig = 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, budaya lokal sasak “banjar”, motivasi belajar, hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Zaenal Aen
Date Deposited: 07 Feb 2025 01:54
Last Modified: 07 Feb 2025 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23074

Actions (login required)

View Item View Item