PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Lestari, Nyoman Ayu Putri (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239031004-COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239031004-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239031004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239031004-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA model PjBL berorientasi etnosains untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Jembrana. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu research and development dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define, design, development, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar kuesioner untuk mengetahui validitas materi, media, kepraktisan guru, kepraktisan siswa, kemandirian belajar dan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang ahli untuk uji validitas, 3 orang guru dan 45 siswa untuk uji kepraktisan, 60 siswa kelas VI untuk uji coba instrumen, 65 siswa kelas V untuk uji efektivitas. Data dianalisis dengan menggunakan multivariate analysis of varians. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa : 1) rancang bangun buku ajar dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva yang disesuaikan dengan struktur dan substansi buku ajar, serta mengimplementasikan tahapan model project based learning pada buku ajar dan mengorientasikan materi etnosains 2) uji validitas menunjukkan hasil validasi materi sebesar 86,09% dengan kategori valid dan validasi media sebesar 92,13% dengan kategori sangat valid 3) uji kepraktisan menunjukkan hasil respons guru sebesar 92,59%, hasil uji coba kelompok kecil siswa sebesar 88,52%, uji coba kelompok besar siswa sebesar 90,46% oleh karena itu semua hasil uji kepraktisan menujukkan hasil sangat praktis 4) uji efektivitas dengan menggunakan uji manova menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05, hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan buku ajar IPA model PjBL berorientasi etnosains. Dengan demikian, dapat disimpulkan buku ajar IPA model PjBL berorientasi etnosains telah teruji validitas, kepraktisan dan keefektifannya untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, berpikir kritis, etnosains, kemandirian belajar, project based learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Nyoman Ayu Putri Lestari
Date Deposited: 09 Feb 2025 02:42
Last Modified: 09 Feb 2025 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item