Yanti, Ni Putu Widya Kristy (2025) AN ANALYSIS OF TEACHING METHOD USED BY THE ENGLISH TEACHER INCORPORATING KURIKULUM MERDEKA FOR TEACHING SPEAKING AT SMA N 4 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229081015-COVER.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229081015-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229081015-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kata kunci: Metode Pengajaran, Keterampilan Berbicara, Kurikulum Merdeka, Tantangan dan Solusi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengajaran, implementasi, tantangan dan solusi yang dihadapi guru bahasa Inggris dalam pembelajaran berbicara berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMA N 4 Denpasar. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket tertutup, dan angket terbuka. Subjek penelitian adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas X, XI, dan XII yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pengajaran yang digunakan guru meliputi Project Based Learning, Metode Diskusi, Role Playing, dan Collaborative Learning; (2) pelaksanaan metode pengajaran dilakukan melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dengan berbagai penyesuaian untuk mencapai tujuan pembelajaran berbicara; (3) tantangan yang dihadapi guru terjadi pada setiap tahapan. Pada tahap prapembelajaran, guru menghadapi kesulitan dalam merancang kegiatan yang inovatif dan relevan, serta terbatasnya waktu untuk menyiapkan bahan dan alat pembelajaran. Pada tahap implementasi, tantangannya antara lain mengelola kelas yang dinamis, memastikan partisipasi aktif siswa, dan mengatasi perbedaan kemampuan siswa. Pada tahap pasca pembelajaran, guru mengalami kesulitan dalam memberikan penilaian yang obyektif, umpan balik yang membangun, dan mendorong refleksi siswa; (4) solusi yang diterapkan meliputi perencanaan kegiatan inovatif, membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, mengadaptasi strategi pengajaran, memberikan tugas berdasarkan kehidupan nyata dan umpan balik yang tepat waktu. Guru juga mendorong refleksi diri siswa dan menetapkan target peningkatan keterampilan berbicara. Solusi ini efektif mengatasi tantangan dan sejalan dengan prinsip Kurikulum Mandiri yang fleksibel, relevan dan mendorong keterlibatan aktif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pengajaran, Keterampilan Berbicara, Kurikulum Merdeka, Tantangan dan Solusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Widya Kristy Yanti |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 02:31 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |