Setiarini, Ni Nyoman (2025) MANAJEMEN DIRI GURU PENGGERAK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 BUWIT KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031004-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031004-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031004-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Setiarini, Ni Nyoman (2024), Manajemen Diri Guru Penggerak Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri 2 Buwit Kabupaten Tabanan. Tesis Admnistrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Kata Kunci : Manajemen diri, Guru Penggerak, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen diri guru penggerak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri 2 Buwit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan terkait manajemen diri guru penggerak sehingga informasi yang diperoleh benar, faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil melalui observasi dan wawancara kepala sekolah, guru penggerak dan beberapa peserta didik. Sekaligus data sekunder diambil melalui dokumen seperti yakni profil SD Negeri 2 Buwit, alat pembelajaran guru, jurnal kelas serta laporan rapor pendidikan hasil belajar. Hasil yang diharapkan menunjukkan bahwa 1) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengetahui tujuan pekerjaan sebagai pendidik yakni bukan hanya dengan cara mendidik tetapi juga membangun karakter, menuntun kodrat, minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, 2) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan melakukan pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), melakukan literasi baca buku dan jurnal, serta meningkatkan komptensi dibidang teknologi, 3) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengolah kecerdasan emosional melalui aktivitas menenangkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas dan juga melakukan pendekatan personal bagi peserta didik yang memiliki kendala dalam pembelajaran, 4) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengelola waktu melalui pembuatan list waktu dan menggunakan metode berkelompok dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen diri, Guru Penggerak, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Setiarini |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 09:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 09:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |