Riasih, Luh (2024) TEKNIK DAN GAYA BAHASA PERSUASIF ENDORSEMENT PADA AKUN INSTAGRAM MENANTEA.TOKO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011002-COVER.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011002-ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011002-LAMPIRAN.pdf Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teknik dan gaya bahasa persuasif yang digunakan dalam konten endorsement pada akun Instagram menantea.toko serta menganalisis relevansinya terhadap pembelajaran teks persuasif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan dokumentasi untuk menganalisis 12 postingan yang dipilih secara purposif. Postingan tersebut mencakup berbagai kategori konten, seperti kuis, informasi produk, ulasan pelanggan, dan konten acak yang kreatif. Data dikumpulkan menggunakan kartu data, yang berfungsi untuk mencatat deskripsi konten, teknik persuasif, dan gaya bahasa yang digunakan. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yang melibatkan langkah-langkah identifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik persuasif yang digunakan meliputi penyampaian informasi secara menarik, pemberian insentif dalam bentuk promosi, dan penggunaan ulasan autentik untuk membangun kepercayaan audiens. Gaya bahasa yang digunakan beragam, mulai dari gaya interaktif hingga gaya informal, yang dirancang untuk menarik perhatian sekaligus menciptakan hubungan emosional dengan pengikut akun. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi persuasif tersebut efektif dalam membangun interaksi dengan audiens sekaligus mendukung pembelajaran teks persuasif. Penerapan teknik dan gaya bahasa persuasif ini memberikan contoh kontekstual yang dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap strategi komunikasi persuasif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran berbasis media digital, yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan siswa, tetapi juga memperkuat keterampilan analisis mereka dalam memahami teks persuasif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik persuasif, gaya bahasa persuasif, Instagram, teks persuasif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Luh Riasih |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:52 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |