Joyce, Chrisyolanda (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERDIFERENSIASI PROSES UNTUK MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA FASE F KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013041028-COVER.pdf Download (704kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013041028-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013041028-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk (1) menyusun rancang bangun E-LKPD berdiferensiasi proses materi sistem gerak manusia pada fase F kurikulum merdeka, (2) menganalisis validitas E-LKPD berdiferensiasi proses, (3) menganalisis kepraktisan E-LKPD berdiferensiasi proses. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri yang terdiri dari 10 tahap, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahapan ke-7 yaitu operational product revision. Lokasi dilaksanakannya penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Singaraja. Uji validitas dilaksanakan oleh ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan terdiri dari uji perorangan oleh 3 peserta didik, dan uji kelompok kecil oleh 12 peserta. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun E-LKPD berdiferensiasi proses yang dikembangkan terdiri dari judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar/materi pokok, informasi pendukung, tugas, dan penilaian, (2) berdasarkan hasil uji validitas, diperoleh nilai KVG sebesar 0,81 dari ahli materi dan nilai 1 dari ahli media sehingga dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja, (3) hasil uji kepraktisan mendapatkan persentase yang diperoleh dari uji perorangan adalah 88%, dan uji kelompok kecil adalah 92% sehingga dinyatakan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja. Dengan demikian, E-LKPD berdiferensiasi proses untuk materi sistem gerak manusia pada fase F kurikulum merdeka yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, berdiferensiasi proses, fase F, kurikulum merdeka, sistem gerak manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Chrisyolanda Joyce |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:56 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |