PENGEMBANGAN E-LKPD BERDIFERENSIASI PROSES UNTUK MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA FASE F KURIKULUM MERDEKA

Joyce, Chrisyolanda (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERDIFERENSIASI PROSES UNTUK MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA FASE F KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041028-COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041028-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041028-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk (1) menyusun rancang bangun E-LKPD berdiferensiasi proses materi sistem gerak manusia pada fase F kurikulum merdeka, (2) menganalisis validitas E-LKPD berdiferensiasi proses, (3) menganalisis kepraktisan E-LKPD berdiferensiasi proses. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri yang terdiri dari 10 tahap, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahapan ke-7 yaitu operational product revision. Lokasi dilaksanakannya penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Singaraja. Uji validitas dilaksanakan oleh ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan terdiri dari uji perorangan oleh 3 peserta didik, dan uji kelompok kecil oleh 12 peserta. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun E-LKPD berdiferensiasi proses yang dikembangkan terdiri dari judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar/materi pokok, informasi pendukung, tugas, dan penilaian, (2) berdasarkan hasil uji validitas, diperoleh nilai KVG sebesar 0,81 dari ahli materi dan nilai 1 dari ahli media sehingga dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja, (3) hasil uji kepraktisan mendapatkan persentase yang diperoleh dari uji perorangan adalah 88%, dan uji kelompok kecil adalah 92% sehingga dinyatakan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja. Dengan demikian, E-LKPD berdiferensiasi proses untuk materi sistem gerak manusia pada fase F kurikulum merdeka yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, berdiferensiasi proses, fase F, kurikulum merdeka, sistem gerak manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Chrisyolanda Joyce
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:56
Last Modified: 13 Feb 2025 07:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23263

Actions (login required)

View Item View Item