PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK

Wahyunita, I Gusti Ayu Widya Tri (2025) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041064-COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041064-ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (786kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041064-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis kearifan lokal Bali dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Gerokgak tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di gugus V kecamatan Gerokgak pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 188 siswa. Sebanyak 102 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik multi-stage random sampling dan diperoleh SD Negeri 2 Musi berjumlah 30 siswa dan SD Negeri 1 Penyabangan berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Penyabangan berjumlah 21 siswa dan SD Negeri 2 Banyupoh berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah efikasi diri siswa yang diujikan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA meliputi aspek kognitif yang diperoleh dari tes hasil belajar bentuk pilihan ganda/obyektif. Analisis data diperoleh melalui analisis ANAVA dua jalur. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis kearifan lokal Bali dan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional dengan nilai skor 75,55 > 71,67, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis kearifan lokal Bali dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA. Interaksi model POGIL berbasis kearifan lokal Bali lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis kearifan lokal Bali dan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dengan nilai 79,65 > 79,16, 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis kearifan lokal Bali dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki efikasi diri rendah dengan nilai 64,00 > 60,2.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), efikasi diri dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Widya Tri Wahyunita
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:53
Last Modified: 14 Feb 2025 02:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item View Item