Pramita, Putu Ayu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI ABILITAS AKADEMIK PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS IV KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041067-COVER.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041067-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041067-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari abilitas akademik pada siswa kelas V Semester II di Gugus IV Kecamatan Banjar. Penelitian ini tergolong penelitian quasi eksperimen. Rancangan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus IV Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 139 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling, didapatkan 4 kelas sampel yang terdiri atas 95 siswa. Data hasil belajar dan abilitas akademik dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalan berbantuan SPSS versi 27.00 for Windows. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan abilitas akademik terhadap hasil belajar IPA. Ketiga, pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik tinggi, hasil belajar IPA pada kelompok yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation = 26,39 lebih besar dari nilai rata-rata skor hasil belajar IPA yang mengikuti pembelajaran konvensional = 18,36. Keempat, pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik rendah, hasil belajar IPA pada kelompok yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation lebih rendah dibandingkan dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation = 18,78 lebih kecil dari nilai rata-rata skor hasil belajar IPA yang mengikuti pembelajaran konvensional = 21,93. Dengan demikian kombinasi model pembelajaran sangat menentukan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: hasil belajar IPA, abilitas akademik, Group Investigation |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | PUTU AYU PRAMITA |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 05:09 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 05:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |