Putra, I Made Ardinata (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041017-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041017-ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041017-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis kevalidan, praktisan, serta keefektivitas multimedia interaktif berbasis guided inquiry pada materi rotasi dan revolusi bumi dalam peningkatan hasil belajar kelas VI sekolah dasar. Desain yang digunakan dalam pengembangan ini ialah model ADDIE. Hasil penelitian memaparkan (1) pada pengujian validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan media mendapatkan skor 85,26% dan 90,00% yang artinya pada pengembangan media ditinjau dari penggunaan materi serta media memiliki kategori valid; (2) pengujian kepraktisan dilakukan oleh 2 guru serta 6 peserta didik dengan perolehan skor berturut-urut ialah 96,36% serta 95,45% yang artinya memiliki kategori sangat praktis; serta (3) pengujian efektivitas dilaksanakan bersama 60 peserta didik dengan mendapatkan pretest dan postest berurutan yaitu 56.0 dan 75,00 dengan kriteria sedang yang menunjukan bahwa multimedia pembelajran interaktif ini efektif. Sedangkan, perolehan t-hitung ialah 13,222 serta t tabel ialah 2,002, sehingga diambil simpulan H1 diterima. Untuk pengaruh Effect size didapat 260% dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis guided inquiry pada materi rotasi dan revolusi bumi efektif, praktis, serta valid dalam hasil belajar kelas VI SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Rotasi dan Revolusi Bumi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Ardinata Putra |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:42 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |