PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 UBUNG

Juliatni, Ni Kadek Ena (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL PADA DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 UBUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041039_COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041039-ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041039-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis kearifan lokal Menyama Braya guna meningkatkan karakter berkebhinekaan global pada dimensi Profil Pelajar Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ubung. E-book ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-book cerita Menyama Braya mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Bali seperti toleransi, gotong royong, dan saling menghargai, serta dilengkapi dengan ilustrasi menarik, bahasa yang ramah anak, dan aktivitas reflektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah dosen, guru, dan siswa kelas IV di SDN 3 Ubung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner untuk menguji validitas isi, media, desain, dan bahasa serta kuesioner untuk menguji keberterimaan dan efektivitas dari e-book. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa e-book ini memenuhi kriteria sangat baik. (1) Hasil review dari ahli materi menunjukkan bahwa e-book ini memperoleh persentase tingkat pencapaian sebesar 93,74% dan dinilai dalam kategori sangat baik. (2) Hasil review oleh ahli media pembelajaran juga menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan persentase pencapaian sebesar 92,70%. (3) Uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan tingkat pencapaian sebesar 94,1%, menunjukkan bahwa e-book ini sangat praktis dan relevan digunakan dalam proses pembelajaran. (4) Hasil uji kepraktisan siswa menunjukkan hasil (95,41%) menunjukkan bahwa e-book ini diterima dengan sangat baik oleh siswa. (5) Uji efektivitas melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol (p < 0,05). Kesimpulannya, e-book cerita berbasis kearifan lokal Menyama Braya efektif dalam menanamkan karakter berkebhinekaan global pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-book, Kearifan Lokal, Menyama Braya, Kebhinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI KADEK ENA JULIATNI
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:16
Last Modified: 14 Feb 2025 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23301

Actions (login required)

View Item View Item