PENGEMBANGAN MEDIA MICRO CONTENT BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Santika, Dewa Gede Alit Widya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MICRO CONTENT BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041025-COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041025-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041025-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media micro content Berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari ahli Isi, media pembelajaran, dan bahasa. Data kepraktisan media bersumber dari praktisi pembelajaran di sekolah dasar, terdiri dari 10 orang siswa dan 3 orang guru. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media micro content berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek Isi, media dan bahasa yang digunakan; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan siswa; (3) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media micro content berorientasi HOTS valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Micro Content, HOTS, IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Dewa Gede Alit Widya Santika
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:08
Last Modified: 14 Feb 2025 07:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23312

Actions (login required)

View Item View Item