Santika, Dewa Gede Alit Widya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MICRO CONTENT BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041025-COVER.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041025-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041025-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media micro content Berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari ahli Isi, media pembelajaran, dan bahasa. Data kepraktisan media bersumber dari praktisi pembelajaran di sekolah dasar, terdiri dari 10 orang siswa dan 3 orang guru. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media micro content berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek Isi, media dan bahasa yang digunakan; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan siswa; (3) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media micro content berorientasi HOTS valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Micro Content, HOTS, IPAS, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Dewa Gede Alit Widya Santika |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:08 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |