PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS 4 KECAMATAN KARANGASEM

Diyatmika, Utama (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS 4 KECAMATAN KARANGASEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041003-COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041003-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041003-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap motivasi dan minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas IV SD Gugus 4 Kecamatan Karangasem. Discovery Learning adalah metode pembelajaran yang meningkatkan cara belajar siswa agar lebih aktif dengan cara mencari maupun menemukan pengetahuannya sendiri melalui kegiatan pengamatan maupun percobaan yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan lebih ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui oleh siswa. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest Non Equivalen Control Group Desain. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode Pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Pengukuran motivasi dan minat belajar IPAS dilakukan sebelum dan setelah intervensi menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SD Gugus 4 Kecamatan Karangasem ( F = 142.435, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar IPAS siswa kelas IV SD Gugus 4 Kecamatan Karangasem (F = 193.850, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap motivasi dan minat belajar IPAS siswa kelas IV SD Gugus 4 Kecamatan Karangasem (F = 194.973, p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan minat belajar siswa yaitu sebesar 0,001 < 0,5.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, motivasi belajar, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: UTAMA DIYATMIKA
Date Deposited: 15 Feb 2025 12:03
Last Modified: 15 Feb 2025 12:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

View Item View Item